Senin, 13 November 2017

Nama yang Paling Jelek di Sisi Allah

Nama yang Paling Jelek di Sisi Allah

Baca Juga


William Shakespeare mungkin pernah mengatakan apalah arti sebuah nama. Namun dalam Islam, nama adalah hal yang sangat penting. Rasulullah memerintahkan memperbagus nama anak karena kelak di hari kiamat manusia akan dipanggil dengan namanya dan nama ayahnya.

Nama juga berarti doa. Nama mencerminkan ingin seperti apa anak-anak kelak akan tumbuh dan menjadi dewasa.

Karenanya ada sahabat seperti Thalhah bin Ubaidillah yang memberi nama anaknya dengan nama Nabi. Ia berharap anak-anaknya kelak bisa mencontoh akhlak para Nabi. Namun, sahabat yang lain seperti Zubair bin Awwam tidak mau seperti itu. Ia justru menamai anak-anaknya dengan nama sahabat yang telah syahid.

“Thalhah bin Ubaidillah memberi nama anak-anaknya dengan nama-nama para Nabi,” kata Zubair, “Dia tahu bahwa tidak ada Nabi sesudah Nabi Muhammad dan aku memberi nama anak-anakku dengan nama-nama para syuhada agar kelak mereka bisa meninggal secara syahid di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.”

Rasulullah pun diriwayatkan beberapa kali mengubah nama orang yang tadinya bermakna jelek diganti dengan nama yang bagus. Misalnya laki-laki yang bernama Syihab oleh Rasulullah diganti menjadi bernama Hisyam.Beliau juga pernah mengganti Barrah menjadi Juwariyah dan nama Hazan menjadi Sahal.

Selain menganjurkan umatnya memberi nama yang bagus untuk anak-anaknya, Rasulullah juga memperingatkan nama-nama yang jelek agar tidak digunakan. Misalnya seperti tiga nama tersebut. Nama-nama yang mengandung makna negatif atau penderitaan, nama-nama itu dilarang oleh Rasulullah.

Rasulullah juga melarang umatnya memakai nama-nama yang khusus milik Allah atau sifat-sifatNya yang tidak bisa ditiru oleh manusia, sebab memakai nama-nama seperti itu adalah bentuk kesombongan.

Di antara sekian banyak nama yang jelek, Rasulullah menjelaskan ada nama yang paling jelek di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ أَخْنَعَ اسْمٍ عِنْدَ اللَّهِ رَجُلٌ تَسَمَّى مَلِكَ الأَمْلاَكِ

Sesungguhnya nama yang paling jelek di sisi Allah Ta’ala ialah nama “Malikul Amlak” (HR. Bukhari dan Muslim)

Inilah nama yang paling jelek di sisi Allah; malikul amlak yang secara harfiah berarti Maha Raja di Raja. Wajar nama ini merupakan nama yang paling jelak sebab ia bermakna penguasa tertinggi, penguasa di atas penguasa. Sebuah kesombongan di hadapan Allah Azza wa Jalla.

Sumber http://bersamadakwah.net/

Related Posts

Nama yang Paling Jelek di Sisi Allah
4/ 5
Oleh